Pemprov NTB Mulai Pembangunan 'Horty Park'

LombokNesia-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun ini memulai pembangunan tahap awal kebun buah 'horty park' di Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Nusa Tenggara Barat (NTB) Husni Fahri di Mataram, Kamis, mengatakan pembangunan kebun buah di areal seluas 300 hektare tersebut, direncanakan dikerjakan secara bertahap hingga lima tahun ke depan.
'Untuk tahap awal desain pembangunan kebun buah tersebut, akan menggunakan lahan seluas 150 hektare dari total 300 hektare lahan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah,' kata Husni Fahri.
Menurut dia, pembangunan kebun buah 'horty park' di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) saat ini sudah masuk dalam penyiapan plan master dan grand desain, sedangkan anggaran penyiapan pembangunannya dialokasikan di APBN melalui Kementerian Pertanian sebesar Rp3 miliar dan pemprov NTB dari APBD sebesar Rp280 juta.
'Untuk tahap awal pembangunan kebun buah tersebut, pemerintah pusat telah menganggarkan sebesar Rp3 miliar. Anggarannya langsung diserahkan Kementan kepada pemerintah daerah,' terangnya.
Ia menambahkan, sembari berjalan pembangunan horty park tersebut, sedangkan untuk pengisian bibit baik buah-buahan, bunga, dan sayur-sayuran dari berbagai jenis lebih dulu dikerjakan.
'Untuk kebutuhan bibit, nantinya terbagi dari tanaman buah nasional, tanaman buah unggul lokal dan terpadu. Jadi ada pembagian tiga lokasi,' ujarnya.
Karenanya, jika horty park tersebut tuntas, kata Husni Fahri, maka NTB merupakan provinsi ketiga yang memiliki taman buah seperti itu setelah Jawa Barat dan Kalimantan Selatan.
'Jadi ini akan dikerjakan secara bertahap sampai lima tahun yang akan datang,' tegasnya.
Dengan pembangunan kebun buah, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan buah, sayur-sayuran bagi masyarakat, bahkan untuk ekspor. Selain, diharapkan dengan pembangunan horty park itu, NTB bisa menjadikan lahan seluas 300 hektare tersebut sebagai destinasi wisata baru.
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah menyiapkan areal seluas 100 Ha untuk rencana pembuatan horty park itu.
'Nanti rencana launching-nya dilakukan Gubernur TGH Zainul Majdi pada saat hari jadi NTB yang jatuh pada 17 Desember,' harapnya.
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Loteng, Ibrahim mengatakan rencana pembuatan horty park itu berlokasi di Kecamatan Batukliang Utara.

'Kami sudah sampaikan ini ke pak bupati dan beliau menyambut baik rencana tersebut,' katanya.(ant/rd)


Sumber: http://www.ciputranews.com/ibu-kota-daerah/pemprov-ntb-mulai-pembangunan-horty-park

Gambar: http://peristiwa.kampung-media.com/stock-ads/d48cc4076230df619d256de8191fe8d4.jpg

0 Response to "Pemprov NTB Mulai Pembangunan 'Horty Park'"

Posting Komentar