NTB Mulai Rebut Wisatawan Bali


Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi, Bali jadi primadona pariwisata di Indonesia. Hal itu dimanfaatkan tetangganya, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah pelan-pelan 'menculik' wisatawan dari sana.

"4 Juta wisatawan datang ke Bali, bisa dong kita ambil 2 jutanya agar datang ke NTB," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, Lalu Muh Fauzal setelah acara jumpa pers Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015 di ruang rapat lantai 17, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015).

Fauzal tak sesumbar bicara. Dia membuktikan, kunjungan wisatawan yang datang ke NTB terus meningkat tiap tahun. Tahun 2014 sebanyak 1,6 juta, target 2015 sebanyak 2 juta dan di 2016 sebanyak 2,5 juta. Dengan komposisi wisatawan, 60% wisatawan domestik dan 40% wisatawan asing.

"Satu hal yang membuat peningkatan kunjungan wisatawan ke NTB adalah dengan penerbangan langsung ke Lombok. Ini yang terus kita kejar," tuturnya.

Lombok memang menjadi pintu gerbang untuk wisatawan yang mau menjelajahi NTB. Kini, sudah ada 7 kota di Indonesia yang memiliki penerbangan langsung ke sana. Beberapa di antaranya seperti. Jakarta, Bandung, Yogya dan Semarang.

"Untuk penerbangan luar negeri, ada AirAsia yang terbang langsung dari Kuala Lumpur dan Johor Bahru. Nanti, sedang kita bicarakan dengan AirAsia dan Kemenpar agar membuka rute Perth dari Australia ke Lombok yang sempat dimiliki Jet Star dan sudah tutup di awal tahun ini," ungkapnya.

Selain penerbangan langsung, NTB juga membenahi aksesibilitas dan fasilitas untuk wisatawan. Selanjutnya, adalah dengan menyelenggarakan berbagai event seperti Lombok Sumbawa Pearl Festival 2015 yang akan berlangsung di bulan Agustus sampai September mendatang.

Terakhir, Fauzal mencermati soal pelabuhan yang jadi gerbang masuk wisatawan dari Bali. Pelabuhan tak luput dibenahi dan diperbagus, agar wisatawan lebih nyaman.

"Kita (NTB) adalah destinasi tujuan wisatawan selanjutnya setelah Bali," pungkas Fauzal

Source:
http://travel.detik.com/ 
Afif Farhan - detikTravel - Rabu, 05/08/2015 17:24 WIB

0 Response to "NTB Mulai Rebut Wisatawan Bali"

Posting Komentar